ok

PENDAHULUAN

Pada tahun 2014 ini, HIMMPAS IPB diberi kepercayaan oleh Forum Silaturahim Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana se-Indonesia (FORSI HIMMPAS) untuk menjadi tuan rumah dalam acara Silaturahim Nasional Forsi Himmpas ke-3. Acara ini meliputi berbagai kegiatan yang dapat dijadikan sebagai sarana penambahan informasi baik secara ilmiah maupun non ilmiah. Sebuah ajang nasional yang dapat memberikan kontribusi dalam pencarian solusi bagi permasalahan bangsa dengan menghadirkan pembicara nasional, lomba call for paper sebagai sarana untuk memelihara budaya.

Tema utama yang diangkat dalam rangkaian kegiatan Agrinova 2014 adalah “Optimalisasi Peran Mahasiswa Pascasarjana sebagai Akar Pembangunan Nasional”

WAKTU & TEMPAT PELAKSANAAN

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 22-23 November 2014 yang bertempat di kampus IPB Dramaga.

RANGKAIAN KEGIATAN

Sabtu, 22 November 2014

1.   Seminar Nasional “Pangan Halal”

Seminar ini merupakan salah satu jembatan bagi masyarakat untuk mengetahui secara utuh tentang kehalalan pangan di Indonesia. Selain itu juga sebagai upaya untuk mendukung kinerja pemerintah dalam membangun sistem kehalalan pangan. Konsep pangan halal akan dibahas dari berbagai sudut pandang, yaitu dari sisi pemerintah, pelaku industri, akademisi, dan ulama. Berikut ini adalah para pembicara yang Insya-Allah akan mengisi acara seminar nasional tersebut :

Keynote Speaker: Ahmad Heryawan Lc, M.Si  (Gubernur Jawa Barat)

Pembicara I       : Prof.Dr.Ir.Bambang Prasetya, M.Sc (BSN)

Pembicara II     : Ir. Lukmanul Hakim, M.Si (LPPOM MUI)

Pembicara III   : Direktur PT Bogasari Flour Mills

Pembicara IV    : Prof. Dr. Dra. Purwatiningsih Sugita, MS (Akademisi IPB)

2.  Lomba Call For Paper

Dewasa ini, tuntutan peran mahasiswa pascasarjana menjadi jauh lebih besar. Masih banyak perubahan-perubahan yang diharapkan untuk mewujudkan Indonesia yang kuat dan mandiri. Mahasiswa pascasarjana sebagai salah satu elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sudah seharusnya turut memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan nasional. Lomba Call for Paper merupakan sebuah ajakan nyata untuk memberikan sumbangsih buah pikiran yang dapat membangun kemandirian bangsa.

Lomba Call for Paper Agrinova 2014 dibagi ke dalam 4 sub-bidang keilmuan, yaitu:

a. Teknologi Terapan
b. Ekonomi, Sosial Budaya dan Hukum
c. Matematika dan Sains
d. Pendidikan

 Tema :  Kontribusi Mahasiswa Pascasarjana Terhadap Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Untuk Pembangunan Nasional

Formulir Pendaftaran dan Persyaratan Lomba Call For Paper

Jika temen-temen berminat mengikuti kegiatan ini, silahkan download Formulir dan syarat-syaratnya disini.

Minggu, 23 November 2014

1.  Sarasehan HIMMPAS Indonesia

Sarasehan HIMMPAS adalah forum yang dihadiri oleh seluruh delegasi peserta musyawarah nasional. Acara ini sebagai salah satu sarana untuk menyatukan pemahaman mengenai arah pergerakan mahasiswa pascasarjanase-Indonesia kedepan. Acara ini diawali dengan materi yang dilanjutkan dengan diskusi dan dialog. Pada akhir acara akan diberikan “HIMMPAS Award” untuk HIMMPAS terbaik yang telah ditetapkan oleh Puskornas.

2.   Musyawarah Nasional 3 Forsi Himmpas Indonesia

Musyawarah Nasional Forsi Himmpas  Indonesia (Munas Forsi HIMMPAS Indonesia) merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Forsi Himmpas Indonesia. Munas 3 Forsi Himmpas Indonesia akan dihadiri oleh delegasi dari Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Hasanudin, dan beberapa kampus undangan.

Musyawarah nasional akan dibuka oleh Orasi Kepemudaan yang akan disampaikan oleh Dr. Bima Arya Sugiarto (Walikota Bogor) dan dilanjutkan dengan pembahasan agenda musyawarah nasional. Adapun agenda yang akan dibahas dalam Munas III Forsi Himmpas Indonesia adalah, penyampaian laporan kerja pusat koordinasi nasional (Puskornas), pembahasan petunjuk pola kerja, GBHK dan arahan bidang, serta pemilihan tuan rumah Munas keempat.