(Bogor, 9 Mei 2015) Dalam rangka mempererat hubungan kelembagaan syiar muslim, dua kampus besar ternama Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB), mengadakan kegiatan silaturohim melalui kegiatan kunjungan  dan sharing HIMMPAS (Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana).  Acara bertempat di Kampus IPB Dramaga, pada hari Sabtu tanggal 9 Mei 2015, sebagai tuan rumah adalah HIMMPAS IPB. Acara yang mengusung tema “Harmonisasi Gerak Cendekia menuju Nusantara Madania” ini merupakan rangkaian dari kegiatan FORSI HIMMPAS sebagai bentuk sharing informasi program kerja dan persiapan HIMMPAS UI sebagai tuan rumah FORSILATNAS HIMMPAS tahun 2015.

 

Acara silaturohim dibuka oleh sambutan masing-masing ketua HIMMPAS dua kampus, IPB dan UI. Ketua HIMMPAS IPB, A.A Win Ariga, dalam sambutannya mengatakan bahwa IPB dan UI dalam sejarahnya adalah satu tubuh, namun terhalang oleh jarak dan waktu. Sehingga gerak syiar HIMMPAS 2 kampus ini hendaknya saling bersinergi. Sedangkan Detha Fajri yang merupakan Ketua HIMMPAS UI, mengatakan bahwa HIMMPAS UI mengadakan silaturohim bukan sekedar studi banding, namun sebagai “benchmark”, mengambil segala sesuatu yg baik untuk diadopsi atau dikembangkan.

 

Menuju acara inti, sharing dilakukan dalam bentuk Talk Show melalui pemaparan narasumber utama yaitu Ketua HIMMPAS IPB (A. A Win Ariga), Ketua HIMMPAS UI (Detha Fajri), dan perwakilan dari FORSILATNAS FORSI HIMMPAS (Radius Pranoto). HIMMPAS IPB yang lebih lama berdiri sejak tahun 2002 menyampaikan program kerja andalannya yaitu penyambutan maba, kajian rutin rabuan, sekolah pra nikah, pena HIMMPAS, pelatihan GIS, kajian bulanan, Agrinova, Laptop Muslimah, toko online Hi-ost.com, Syiar MedSos, dan HIMMPAS Menulis. Berbeda halnya dengan HIMMPAS UI yang baru berdiri di tahun 2014, berusaha memenuhi segmen mahasiswa pasca UI melalui jargonnya “Selalu ada CINTA untuk Indonesia” membidik agenda besar seperti Diskusi Publik menyambut pemerintahan baru, Sekolah Ilmiah Pascasarjana, ISO Training 9001:2008, Scholarship Expo and IELTS Workshop, HIMMPAS UI go Abroad, Hi-Shop, Kajian Tematik, dan Buku “Sumbangsih Islam untuk Indonesia”. Terakhir  perwakilan dari FORSI HIMMPAS memaparkan tentang SILATNAS yang merupakan forum tertinggi dalam Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana se-Indonesia; sebagai wadah silaturahim, evaluasi dan sinergisasi arah gerak dakwah pascasarjana secara nasional. Terdiri dari agenda Inti, MUNAS (Musyawarah Nasional Himmpas) dan Agenda penunjang (Seminar Nasional, Serasehan, Lomba Call for Paper, Essai, Bazar, dll). Sekitar 50 pengurus HIMMPAS UI dan IPB hadir dalam kegiatan silaturohim ini mendengarkan dan antusias melakukan feedback melalui tanya jawab untuk menggali lebih terkait program kerja masing-masing HIMMPAS dan persiapan UI menuju SILATNAS 2015.

 

*(Copyright 2015. KOMINFO. HIMMPAS IPB)

 Silaturahim HIMMPAS UI