oleh : Ust Wachid Romadlon, Lc MA

 

QS Al Baqarah 73

Lalu Kami berfirman: “Pukulah mayat itu dengan sebahagian anggota sapi betina itu!” Demikianlah Allah menghidupkan kembali orang-orang yang telah mati, dam memperlihatkan padamu tanda-tanda kekuasaan-Nya agar kamu mengerti.

Tidak dijelaskan detail bagian mananya karena Al qur’an hanya menjelaskan yg penting2 dan krusial saja. Allah menghidupkan orang yg telah mati pd kisah ini agar mereka berfikir. Dalam al baqarah ada 5 ayat yg mengisahkan Allah menghidupkan sesuatu yg telah mati (manusia maupun hewan). yaitu ayat 56,73, 243, 259, 260. dalam kasus ini si paman dihidupkan kembali hanya untuk menjawab siapa yg telah membunuhnya, kemudian mati kembali. Dajjal telah Allah beri kemampuan menghidupkan orang mati kelak di akhir zaman. suatu kisah kelak dajjal akan membangkitkan orang tua dr seorang anak agar ia mau beriman. Akhir Zaman sudah semakin dekat. tanda2 yang muncul sudah banyak. kelak bahkan para suami akan mengunci istrinya di kamar karena takutnya pd kemunculan dajjal yg menarik wanita.

Dajjal akan keliling dunia kecuali mekkah dan madinah.Kajian ibnu hajar mengatakan umur nabi umat nabi muhammad tidak akan lebih dr 1500 tahun. dan sekarang sudah 1437 H..?? perang akhir zaman sudah mulai muncul. dajjal akan keluar pada saat kaum muslimin jarang mengingat keluarnya dajjal.

Beberapa pertanyaan Dajjal berhubungan denga keluarnya.

  1. apa kabar kurma2 di baisan (daerah palestin)..??

jawab : masih ranum buahnya.

kata dajjal, tidak lama lagi buahnya akan habis dan pohonnya meranggas.

  1. Apakabar danau tigerias di palestin..?

jawab : masih mengalir airnya kata dajjal, tidak lama lagi danau tsb akan kering.

dan saat ini danaunya mulai surut.

  1. Apakabar mata air zaghor di tepian laut mati. ??

jawab : masih banyak airnya.

    “kata dajjal, tidak lama lagi ia akan mengering dan sekarang danau trsebut sudah mulai mengering.

  4. Apakah sudah datang nabi dr kalangan buta huruf…??

jawab : sudah

    5. Apa respon bangsa arab?

mereka mengingkarinya shg ia berpindah dr makkah ke madinah.

kata dajjal, seandainya orang arab mengikutinya, itu lebih baik bagi mereka (H.R Imam Ahmad)

   6. Apa kabar negri persia? apa sudah bisa mengembalikan kejayaan? nanti persia akan menguasai bumi dan saat ini politik luar negri iran sudah hampir menyeluruh di dunia.

Semua fakta sudah bisa jadi pendukung bahwa akhir zaman tidak lana lagi yg perlu disiapkan adalah iman, hafalkan surat al kahfi 10 ayat pertama saat brtemu dajjal. jangan mencoba untuk melawan, karena fitnah dajjal sangat kuat.

Wallahualam bisawab

Kajian Tafsir

@Masjid AT-TURKYAH DARMAGA BOGOR JAWA BARAT

03 April 2016