oleh : Ust Wachid Romadlon, Lc MA

 

QS Al-Baqarah ayat 74

Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras seperti batu, bahkan lebih keras lagi. Padahal diantara batu-batu itu sungguh ada yang mengalir sungai-sungai dari padanya dan diantaranya sungguh ada yang terbelah lalu keluarlah mata air dari padanya dan diantaranya sungguh ada yang meluncur jatuh, karena takut kepada Allah. Dan Allah sekali-sekali tidak lengah dari apa yang kamu kerjakan.

TANDA KERASNYA HATI :

Saat diberi nasehat ia kebal, tdk punya rasa belas kasihan, tidak pernah tersentuh hatinya ketika mendengar bacaan al qur’an. Sangkin kerasnya hati bani israil sampai2 Allah mengatakan lebih keras dari batu. setiap makhluk bertasbih pada Allah. hanya saja kita tidak memahami bahasanya. gunung mengeluarkan bebatuan, lahar dlm rangka bertasbih dan taat pd Allah.semua makhluk di dunia tidak diberi kebebasan dlm menjalankan printah Allah kecuali manusia. Bukannya Allah lalai mengazab orang2 yg dzolim. Allah hanya menunda azabNya. agar mereka merasakan akibat perbuatan mereka pd saat semua makhluk ketakutan (kiamat). sekecil apapun kedzoliman itu. hati hati ketika berbuat sesuatu yg berhubungan dg hak orang lain. begitu halnya dg kebaikan. sekecil apapun akan Allah balas. misal : mempersembahkan senyum tulus pd saudara. bisa jadi senyum tulus sederhana pada sesama lebih menghantarkan kita ke syurga dr pada sedekah kita.

PENYEBAB KERASNYA HATI :

  1. banyak berbicara di luar dzikrullah.

“jangan kalian memperbanyak kalam, selain kalam yg mengingatkan pada Allah. karena banyak bicara selain dzikir pd Allah hanya akan mengeraskan hati. dan orang yg paling jauh dr Allah adalah orang yg hatinya keras.”

Alkisah ada seorng preman kaya, suatu hari ia tertidur pulas dan Allah memberi mimpi ttg surat Al qur’an ttg dzikrullah dalam surah Al Hadid

Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik. saat terbangun ia ingat ayat itu. dan merasa itu sindiran Allah trhadapnya. ia mengulang2 ayat tsb. hingga akhirnya ia bertaubat dan menjadi seorang ulama. Allah selamatkan dia.

  1. Banyak tertawa

Kata Rosul, tertawa berlebihan dapat mengeraskan hati.Janganlah berbohong untuk membuat orang tertawa

bercandalah ala Rosulloh. ingat kisah bercanda rosul dg Ali, rosul dg seorang nenek yg ingin sekali masuk syurga.

  1. Dosa yang terlalu banyak dan tdk pernah diistighfari.

seorang mukmin ketika berbuat dosa akan dipenuhi dg titik2 hitam sedikit demi sedikit. tetapi apabila ia bertaubat, hatinya akan kembali jernih, kadang suatu hari kita merasa tdk nyaman, gundah. barangkali ada dosa yang belum kita istighfari.Imam Ibnu Taimiah berkata:

“apabila aku dihinggapi rasa ketakutan dan kegusaran, maka aku akan beristighfar 1000 kali, maka aku akan merasakan ketenangan dan kesejukan.”

Dosa kita teramat banyak. dosa2 kecil seperti dosa mata yg tak tersadar. sedikit2 akan menumpuk jika tidak diistighfari.

      4. terlalu banyak makan

Rosululloh makannya 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minum, 1/3 untuk udara.

Umar pernah marah melihat orang yg perutnya buncit. kata umar itu adalah adzab Allah padamu. itu akan menyebabkan rasa malas untuk beribadah.

5. berkumpul dg kawan kawan yang kurang baik.

ketika kita berkumpul dg orang sholih kita akan malu berbuat maksiat. dan ketika brkumpul dg orang tdk baik maka akan tdk merasa berdosa berbuat maksiat. sebaik2 teman adalah yg ketika melihat wajahnya saja kita ingat akhirat sehingga tdk berani berbuat maksiat

6. tenggelam dlm gemerlapnya dunia.

Ar Raj’i : sebuah bank milik pribadi di makkah. ia kaya raya. tapi ketika tiba waktu sholat, bahkan miadzinnya kalah cepat datang untuk adzan.inilah contoh hamba yg bersyukur. yang ketika diberi nikmat, ia tidak melupakan Allah. berdoalah.. jadikan kami hamba yang bersyukur…. karena hamba yg bersyukur akan Allah cukupkan segalanya.orang bersyukur itu penuh nikmat.

 

CARA MELEMBUTKAN HATI

  1. dzukrullah setiap saat
  2. ziarah kubur niatnya untuk mengingat akhirat. ucapkan salam, perhatikan adab, dan berdoa ketika lewat kuburan.
  3. sering seringlah menengok orang sakit. bahwa sakit adalah tanda menuju kematian.
  4. seringlah mengusap kepala anak yatim. yaitu anak yg belum baligh yg ditinggal mati ayahnya.
  5. sering memberi makan orang miskin. walaupun sedikit barangkali itu yg menyelamatkan kita dr neraka.

semoga dengan ini Allah melembutkan hati kita saat mendengar kalamNya, meringankan langkah kita dan meringankan punggung kita untuk qiyamul lail.

WALLAHUALAM BISAWAB…

Kajian Tafsir di Masjid At-Turkiyyah

Bogor, Jawa Barat