Lingkungan pendidikan pascasarjana khususnya di Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan potensi besar terbentuknya sumberdaya manusia (SDM) unggul yang siap menjadi pemimpin baik di bidang profesinya maupun di masyarakat dan ummat. Sumberdaya manusia unggul ini perlu mendapat perhatian serius agar dapat tersentuh dan terbekali oleh nilai-nilai Islam dan sekaligus menjadi pendukung serta penggerak nilai-nilai kebaikan dan keislaman di masyarakat.

Dengan karaktristik mahasiswa yang relatif lebih berorientasi studi, waktu studi yang singkat dan beban studi yang berat, bukan berarti Mahasiswa Pascasarjana tidak membutuhkan lagi sentuhan nilai keimanan dan ketaqwaan. Untuk itu Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana IPB (HIMMPAS-IPB) hadir untuk ikut memberikan ruang dan kesempatan bagi mahasiswa Pascasarjana IPB untuk memperoleh sentuhan pembinaan kepribadian muslim sebagai bekal untuk menjadi sebaik-baik ummat setelah nanti terjun ke masyarakat.

Apa itu HIMMPAS-IPB?

HIMMPAS -IPB didirikan pada tanggal 18 Muharram 1423 H oleh Civitas Akademika Mahasiswa Pascasarjana IPB yang bertepatan dengan 1 April 2002 setelah sarasehan Nasional Mahasiswa Pascasarjana Seluruh Indonesia di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tahun 2001.

Visi

Mewujudkan intelektual muslim yang kritis, profesional, berakhlak mulia dan memiliki kepekaan sosial.

Misi

Membangun kepekaan dan daya kritis mahasiswa muslim pascasarjana terhadap kondiso masyarakat, bangsa, dan negara.
Membentuk mahasiswa muslim pascasarjana yang profesional dan berakhlaq mulia.
Membangun komunikasi antar mahasiswa pascasarjana IPB dan jaringan lembaga lainnya.
Keanggotaan

Keanggotaan HIMMPAS -IPB bersifat terbuka bagi setiap mahasiswa muslim pascasarjana IPB.

Jumlah pengurus pada saat ini ada 52 orang, terdiri dari 20 ikhwan dan 32 akhwat.

Struktur Organisasi

1222222

Beberapa Program Kerja

1. Kajian Rutin Kepribadian Muslim (kerjasama dengan DKM Al Hurriyah)

2. Kajian Bulanan HIMMPAS-IPB
3. Training Be A Superior Muslim Scientist
4. Islamic Science Forum (ISF)
5. Laptop Muslimah (Kajian Rutin Bulanan Muslimah)

Penutup

Dan berkatalah: ”Bekerjalah kamu, maka Allah daan rosul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu di beritakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.” (Q.S. At-Taubah (9) : 105).

“Hai orang-orang yang beriman janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang diperagakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” (Q.S. Al Anfaal (8) : 27)

Semoga Allah senantiasa memberikan hidayah dan taufiq-Nya serta meridhoi seluruh niat dan amalan kita. Aamiin.